10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Di Windows

Antusias Teknologi – 10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Di Windows – Pada Sistem operasi Windows sudah tersedia aplikasi pemutar musik Windows Media Player, dan di Windows 10 terdapat aplikasi musik Groove yang bisa anda gunakan untuk mendengarkan musik.

Namun sayangnya aplikasi tersebut tidak bisa memutar berbagai format file media yang tidak umum dan juga ada beberapa fitur yang tidak dimiliki aplikasi bawaan Microsoft tersebut.

Sementara itu, daftar aplikasi dibawah ini memiliki lebih banyak fitur daripada aplikasi bawaan Windows sehingga mendengarkan musik akan terasa menjadi lebih menyenangkan.

10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Di Windows

Akan tetapi apakah semua fitur yang banyak tersebut anda butuhkan semuanya? Tentunya tidak, karena ada beberapa pengguna yang hanya menginginkan pemutar musik dengan tampilan yang sederhana, ringan dan elegan.

Dalam artikel ini telah dikumpulkan daftar 10 aplikasi pemutar musik terbaik untuk Windows yang dapat anda gunakan.

Daftar Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Di Windows

1. Dopamine

Dopamine

Desain minimalis dari aplikasi ini menyatu dengan sangat baik dengan tema Windows 10 berwarna terang dan gelap, serta memiliki tampilan antarmuka yang bersih. Semua pilihan untuk membuka daftar musik, artis, album dan lainnya yang tertata rapi pada layar depan, memberikan dopamin identitas tersendiri apabila dibandingkan dengan desain dari aplikasi lainnya.

Dopamin dapat memutar musik dalam berbagai macam format audio seperti WAV, MP3, OGG Vorbis, FLAC, WMA, APE dan M4A/AAC, serta jenis file yang paling banyak digunakan dan populer saat ini. Pada menu pengaturan pengguna dapat mengontrol variabel audio latency atau penyesuaian latar belakang.

Dopamin juga menawarkan integrasi dengan Last.fm dan download lirik yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan lirik musik dari sumber database musik yang tersedia di internet seperti MetroLyrics, LyricWiki melalui menu pengaturan.

Dukungan Platform: Windows 10, 8 dan 7.

2. Foobar2000

Foobar2000

Aplikasi berikutnya yang berada dalam daftar yaitu Foobar2000, merupakan salah satu pemutar musik paling populer untuk Windows. Foobar2000 menggunakan USP sebagai antarmuka, sehingga tampilan-nya lebih minimalis dan bersih daripada dopamin. Aplikasi ini telah dilengkapi fitur ReplayGain, manajer DSP, FTP dan server media.

Foobar2000 memiliki dukungan untuk audio codec seperti MP3, MP4, AAC, CD Audio, WMA, Vorbis, Opus, dan FLAC. Fitur pencarian lanjutan dari Foobar2000 sangat berguna untuk mencari musik dengan kriteria tertentu, fitur lainnya yaitu adanya pemantauan library media secara otomatis yang berfungsi untuk mengawasi perubahan seperti penambahan atau penghapusan musik dan mengelola elemen file audio seperti foto sampul, lirik, atau foto artis.

Dukungan Platform: Windows 10, iOS dan Android

3. Music Bee

Music Bee

Musik tidak hanya terbatas pada file audio yang disimpan pada penyimpanan suatu perangkat, karena ada sejumlah media lainnya seperti radio dan podcast. Apabila anda termasuk salah satu yang suka mendengarkan musik dari berbagai macamsumber, MusicBee merupakan aplikasi yang sempurna untuk anda, dengan membawa kenyamanan dalam menikmati radio, podcast, atau file musik yang disimpan secara lokal hanya dalam satu aplikasi.

MusicBee merupakan salah satu aplikasi pemutar musik dengan banyak fitur yang bisa anda coba. Dari manajemen musik library sampai organisasi file secara otomatis untuk mengontrol pemutaran musik, semuanya dimiliki oleh aplikasi ini.

Selain dukungan codec seperti MP3, M4A, FLAC, Musepack, WavPack dan Opus, MusicBee juga mendukung audio interface seperti WASAPI dan ASIO untuk kartu audio. Aplikasi pemutar musik ini juga memiliki fitur update tag yang secara otomatis akan mengidentifikasi trek dari tag yang hilang. Selain itu, MusicBee juga memiliki dukungan untuk plugin WinAmp dan dapat mensinkronisasi musik dan playlist dengan perangkat android.

Dukungan Platform: Windows 10, 8 dan 7

4. AIMP

AIMP

Apabila anda ingin mengetahui aplikasi pemutar musik yang memiliki fitur dalam mempersonalisasi elemen paling mendasar, maka AIMP adalah pilihan terbaik untuk anda. Beberapa fiturnya yaitu equaliser 18-band dan berbagai efek suara seperti Reverb, Flanger, Enhancer, dan lainnya. Fitur lainnya dari AIMP adalah Grabber CD Audio yang memungkinkan pengguna untuk menyalin file musik dari audio CD.

Mengenai dukungan codec, AIMP memiliki banyak dukungan audio bagi aplikasi pemutar musik. Selain dari dukungan format umum seperti CDA, AAC, AC3, APE, DTS, dan FLAC, aplikasi ini juga memiliki dukungan output untuk DirectSound, ASIO, dan WASAPI.

MusicBee juga memiliki fitur sistem shutdown yang memungkinkan pengguna untuk mengatur timer untuk menutup PC pada waktu yang dijadwalkan atau setelah menyelesaikan musik tertentu. Ada fitur lain seperti tag editor lanjutan yang mendukung ID3v1, ID3v2, APE, dan WMA.

Dukungan Platform: Windows 10, 8.1, 8, 7 dan Vista

5. MediaMonkey

MediaMonkey

MediaMonkey merupakan aplikasi dengan banyak fitur yang secara khusus dibuat untuk pengguna yang menginginkan tampilan dengan detail dari koleksi musik pada layar depan aplikasi, dan juga untuk menjaga library musik agar lebih terorganisir. MediaMonkey secara otomatis mengatur file audio ke dalam folder berdasarkan artis, album, dan nomor seri.

Fitur lainnya dari MediaMonkey yaitu CD burner memungkinkan pengguna untuk mengimpor lagu dari CD dan fungsi podcatcher yang berfungsi untuk men-download podcast.

MediaMonkey mendukung berbagai macam format pemutaran audio seperti MP3, AAC (M4A), OGG, WMA dan FLAC antara lain. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat tabel statistik koleksi seluruh musik dan melakukan sinkronisasi dengan perangkat Android dan iOS. MediaMonkey juga memfasilitasi berbagi media dengan TV atau perangkat lain melalui UPnP dan DLNA.

Selain itu, aplikasi mode jukebox adalah fitur lainnya yang secara otomatis akan memutar musik tertentu bergantung dari suasana hati anda saat ini.

Dukungan Platform: Windows 10, 8, 7 dan Android

6. Winyl

Winyl

Apabila anda sedang mencari aplikasi pemutar musik yang ringan dengan tampilan sederhana, dukungan codec audio yang banyak, serta desain yang bersih, maka Winyl adalah kriteria aplikasi pemutar musik yang anda cari. Winyl dapat dengan mudah menangani lebih dari 100 ribu file audio tanpa masalah, dan memiliki fitur khusus radio untuk mendengarkan acara favorit musik dari berbagai aliran.

Aplikasi ini juga memiliki fitur smartlist yang secara otomatis menciptakan playlist (25 paling sering diputar, atau 5 album acak).

Winyl dapat memutar file audio dari berbagai format (WMA, M4A, MP3, OGG, MPC, APE, FLAC, dll) dan juga mendukung audio output standar seperti WASAPI dan ASIO. Aplikasi ini juga dapat mengimpor lirik lagu dari website dan dilengkapi dengan tag editor.

Dukungan Platform: Windows 10, 8, 7, dan Vista

7. Clementine

Clementine

Clementine merupakan salah satu pemutar musik aplikasi paling populer untuk Windows, dan popularitasnya ada hubungannya dengan fleksibilitas dan kesederhanaan antarmuka yang terlihat lebih lawas dibandingkan dengan desain aplikasi lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Anda juga dapat menikmati musik yang berasal dari layanan Spotify, Grooveshark, dan SomaFM, selain itu anda juga dapat memainkan musik yang tersimpan pada penyimpanan awan seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

Clementine dapat memutar file audio dari berbagai macam format seperti FLAC, MP3, dan AAC, serta musik transcode ke codec seperti MP3, OGG Vorbis, OGG, Speex dan FLAC. Selain itu, aplikasi ini dapat dikontrol secara jarak jauh dengan smartphone android melalui aplikasi tambahan. Pemutar musik Clementine memiliki algoritma manajemen library yang sangat baik dan dapat memperbarui album cover art musik yang hilang dengan men-download secara otomatis dari website.

Dukungan Platform: Windows, Linux, dan macOS

8. Bread Player

Bread Player

Bread Player adalah pemutar musik gratis dan open source untuk platform Windows yang mungkin akan menarik minat anda untuk mencobanya dengan desain dan tampilan yang sederhana. Bread Player merupakan aplikasi pemutar musik open source dengan memiliki semua fitur yang dibutuhkan dari aplikasi pemutar musik konvensional.

Bread Player mendukung beragam audio codec seperti MP3, M4A, dan FLAC. Yang tidak menarik adalah aplikasi ini tidak seperti aplikasi pemutar musik lainnya, karena aplikasi ini secara otomatis mengambil file audio yang disimpan diharddisk, sehingga anda tidak perlu mencari file secara manual dan menambahkannya ke dalam library.

Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan dukungan sinkronisasi lirik dan fitur download otomatis yang akan mengambil rincian dari sebuah musik. Menariknya, aplikasi ini juga menawarkan layanan OneDrive streaming agar pengguna bisa melakukan streaming musik yang tersimpan pada penyimpanan awan.

Dukungan Platform: Windows 10

9. Winamp

Winamp

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Winamp, aplikasi yang sudah berusia puluhan tahun ini masih tetap eksis sampai saat ini. Winamp terus-menerus disempurnakan selama bertahun-tahun dengan beberapa penambahan fitur baru. Tampilan antarmuka Winamp memberikan anda kemudahan dalam memutar musik digital dengan adanya fitur yang sangat banyak.

Winamp memiliki dukungan untuk berbagai macam format audio seperti MP3, AAC, FLAC, WAV dan OGG Vorbis. Winamp dapat mengimpor file musik dari iTunes, folder lokal yang ada diharddisk serta audio CD. Selain dari pemutaran audio, Winamp juga memfasilitasi streaming melalui podcast, Internet radio dan beberapa media lainnya, serta menawarkan equalizer musik sehingga anda merasa nyaman mendengarkan musik.

Dukungan Platform: Windows 10, 8, 7 dan Vista

10. Audacious

Audacious

Audacious merupakan pemutar musik lainnya dengan desain sederhana yang dan tampilan bersih. Namun bukan berarti aplikasi ini kurang dalam fitur dan kontrol. Setelah membuka menu pengaturan, anda akan menemukan berbagai tool mulai dari efek seperti Crystalizer, LADSPA Host dan Voice Removal. Audacious juga memiliki fitur audio kontrol seperti ReplayGain, fungsi rekaman, serta dukungan berbagai plug-in.

Audacious mendukung berbagai macam format audio yang FLAC, WMA, AAC, WAV dan OGG. Anda juga dapat men-tweak tampilan antarmuka pemutar musik ini menyerupai Winamp klasik dan memungkinkan penggunaan proxy pada bagian pengaturan jaringan. Walaupun terlihat kuno, Audacious termasuk aplikasi pemutar musik yang canggih dan dapat dengan mudah menangani tugas apapun yang anda berikan dengan mudah.

Dukungan Platform: Windows 10, 8, 7, Vista, XP dan Linux

Memilih Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Untuk Windows

Sebelum anda melanjutkan untuk men-download salah satu aplikasi yang ada diatas, sangat disarankan anda untuk memilih aplikasi pemutar musik yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda menginginkan tampilan desain dan minimalis, maka dopamin, Bread Player dan Winyl adalah pilihan terbaik.

Dan jika anda ingin bermain-main dengan pengaturan tampilan, kustomisasi kontrol yang diinginkan, maka AIMP, MusicBee dan MediaMonkey bisa menjadi pilihan anda.

Itulah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk anda gunakan. Apabila anda memiliki aplikasi pemutar musik favorit yang tidak ada dalam daftar diatas? Silahkan berbagi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.