10 Aplikasi Pengganti Notepad Bawaan Windows

Antusias Teknologi | Aplikasi Pengganti Notepad Bawaan Windows – Notepad merupakan salah satu aplikasi populer di sistem operasi Windows dan itulah mengapa sebabnya Microsoft selalu menyertakan aplikasi editor teks ini dalam setiap versi Windows yang dibuat sejak versi Windows 1.0, hampir berusia 30 tahun lamanya aplikasi ini telah menemani pengguna Windows.

Aplikasi Pengganti Notepad

Tidak hanya memiliki sejarah yang begitu panjang, tetapi juga tetap mempertahankan tampilan antarmuka yang bersih, sederhana, dan ringan. Notepad merupakan editor teks sederhana yang sangat berguna saat anda tidak memerlukan pemformatan teks lanjutan untuk dokumen.

Walau bagaimanapun, teks editor ini sangat tidak cocok bagi anda seorang programmer, dimana harus melakukan pemformatan dan syntax highlighting teks saat melakukan aktifitas menulis code/coding, selain itu keterbatasan fitur juga menjadi kekurangan tersendiri bagi aplikasi ini.

Terdapat beberapa aplikasi populer yang dapat menggantikan aplikasi notepad bawaan Windows, simak selengkapnya dalam artikel ini.

Aplikasi Pengganti Notepad Bawaan Windows

1. Notepad++

Notepad++

Notepad++ menjadi aplikasi editor teks paling populer yang dapat digunakan untuk menggantikan notepad. Memiliki banyak fitur yang membuatnya bisa melakukan tugas sederhana ataupun kompleks.

Apabila anda ingin menggunakan beberapa fitur seperti seperti penomoran baris, pencarian yang lebih baik, multi tab, pemeriksa ejaan, dan lainnya, maka anda dapat menggunakan aplikasi Notepad++.

Fitur utama dari Notepad++ yaitu penyorotan sintaks saat menulis kode, multi editing, auto completion, WYSIWYG untuk pencetakan ke printer dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sangat populer digunakan oleh programmer dan mendukung banyak bahasa pemrograman diantaranya C, C++, C#, Objective C, Pascal, HTML, dan XML. Notepad++ juga sangat aktif dikembangkan oleh pembuatnya dan mereka merilis pembaruan secara rutin.

2. EditPad Lite

EditPad Lite

Aplikasi berikutnya pengganti notepad windows yaitu EditPad Lite dikarenakan tampilannya lebih mirip Notepad daripada Notepad++. Kekurangannya adalah tidak bisa melakukan penyorotan sintaks pada baris kode seperti halnya Notepad++.

Jika anda bukan programmer, kekurangan tersebut tidaklah terlalu menjadi masalah berarti. Aplikasi ini juga diperbarui secara rutin oleh pengembangnya.

Berikut beberapa kelebihan dari EditPad Lite yang membuatnya menjadi editor teks yang lebih baik dibandingkan dengan Notepad:

– Memungkinkan anda untuk membuka banyak file teks sekaligus (tidak terbatas)
– Termasuk pencarian lanjutan dan fitur yang lebih baik daripada editor lainnya
– Memiliki fitur yang disebut clip Collection yang dapat menyimpan daftar cuplikan teks untuk digunakan kembali
– Fitur simpan otomatis dan backup
– Fitur undo dan redo tidak terbatas bahkan saat anda telah menyimpan file

3. PSPad

PSPad

PSPad merupakan aplikasi lainnya yang ditujukan khusus untuk programmer karena memiliki fitur seperti syntax highlighter/penyorotan sintaksis, FTP client terintegrasi, perekam makro, HEX editor, dan CSS editor terintegrasi.

Dalam hal fitur, PSPad telah mendukung pemeriksa ejaan, koreksi otomatis, perbedaan teks, pencarian dan penggantian teks, dan dukungan beberapa tab.

Namun kekurangannya yaitu aplikasi PSPad terdapat iklan sehingga anda perlu berhati-hati saat menginstallnya karena aplikasi akan meminta untuk menginstall aplikasi lainnya selama instalasi. Anda harus mengklik Decline sebanyak 4 kali yang agak sedikit menyusahkan.

4. Notepad2

Notepad2

Notepad2 fungsinya hampir sama persis seperti Windows Notepad, terkecuali untuk beberapa fitur tambahan seperti sintaks highlighting untuk beberapa bahasa pemrograman web, reguler ekspresi seperti mencari dan mengganti, seleksi berbentuk persegi panjangan dengan menggunakan mouse, dan penanda garis.

Notepad2 merupakan pilihan terbaik bagi anda yang menginginkan Notepad hanya dengan beberapa fitur tambahan untuk menulis kode yang telah diformat ke dalam bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, ASP, JS, CSS, Java, SQL, Perl, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini belum pernah diperbaharui dari sejak tahun 2012, akan tetapi masih menjadi pilihan yang bisa anda coba.

5. TED Notepad

TED Notepad

TED Notepad merupakan editor teks dengan fungsi dasar yang memiliki tampilan antarmuka sederhana. Memiliki semua fitur pengeditan teks seperti penomoran baris dan fitur lainnya seperti undo dan redo, modifikasi file, simpan dan pemulihan secara otomatis.

Selain itu, TED Notepad juga memiliki fitur pencarian pada teks, menyalin teks ke clipboard, melengkapi teks otomatis, dan tool pengubah teks. Secara keseluruhan, aplikasi ini layak anda coba mengingat banyaknya fitur yang ada.

6. DocPad

DocPad

DocPad adalah aplikasi baru yang merupakan alternatif pengganti dari Notepad Windows. Aplikasi ini lebih berfokus pada fitur pengeditan teks dan bukan merupakan pilihan bagi para programmer.

Memiliki fitur seperti bookmark, indentasi blok, konversi karakter, dukungan drag dan drop, tampilan pra-cetak, cari dan ganti teks, mengganti skin, dan word wrap.

7. ATPad

ATPad

ATPad belum pernah diperbarui dari sejak tahun 2010, walaupun demikian masih memiliki tampilan antarmuka yang baik dan fitur yang unik. Aplikasi akan sangat berguna apabila anda perlu bekerja dengan beberapa file dengan beberapa tab sekaligus.

Memiliki semua fungsi edit teks seperti penomoran baris, word wrap, bookmark, menampilkan spasi warna putih, dan redo dan undo tanpa batasan.

8. NoteTab Light

NoteTab Light

NoteTab Light bukanlah editor teks populer yang ada dalam daftar aplikasi notepad pengganti Windows, namun bisa digunakan untuk mengganti Notepad windows.

Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai editor teks dan coding program, akan tetapi pada versi gratis tidak terdapat fitur penyorotan sintaks dan hanya mendukung bahasa pemrograman HTML dan CSS.

Dalam hal pengeditan teks, NoteTab Light telah mendukung cuplikan teks/text snippet, menyalin dari clipboard, perhitungan jumlah teks, dan lebar variabel font. Namun sayangnya, beberapa fitur utama seperti pemeriksa ejaan, jumlah kata, pratinjau cetak, dan undo/redo tidak tersedia dalam versi gratis.

9. GetDiz

GetDiz

GetDiz adalah aplikasi pengganti Notepad yang memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan editor teks lainnya. Secara default, background aplikasi ini menggunakan warna biru tua dan teksnya berwarna putih, anda dapat mengubahnya dalam pengaturan.

Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan file berformat DIZ dan NFO dengan fungsi yang telah disempurnakan dan juga dapat menampilkan seni teks ASCII. Anda juga dapat menyimpan file teks, DIZ atau NFO sebagai gambar berekstensi GIF.

10. FluentNotepad

FluentNotepad

FluentNotepad merupakan pengganti Notepad yang seharusnya terlihat seperti aplikasi perkantoran karena telah menggunakan Ribbon UI. Karena belum diperbarui dari tahun 2010, aplikasi ini kurang begitu direkomendasikan.

Selain itu, tampilan interface Ribbon UI hanya memiliki satu tab dan pengembang tidak pernah menambahkan apa pun setelahnya.

Satu-satunya hal yang menarik yaitu adanya penyorotan sintaks untuk 10 bahasa pemrograman dan membuka beberapa tab sekaligus. Tidak memiliki banyak fitur dalam pengeditan teks dan tidak banyaknya fitur untuk memanipulasi kode.

Dari daftar aplikasi diatas, mana aplikasi favorit anda dalam melakukan editing teks ataupun melakukan bahasa pemrograman. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.