8 Aplikasi Perkantoran Terbaik Di Android Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja

Antusias Teknologi – Aplikasi Perkantoran Terbaik Di Android – Aplikasi perkantoran merupakan paket aplikasi penting yang memungkinkan anda untuk membuat dokumen, spreadsheet, presentasi, database pada ponsel pintar. Selain itu, aplikasi perkantoran di Android telah dilengkapi dengan terintegrasi-nya layanan penyimpanan awan sehingga dapat langsung mengakses laporan dan dokumen yang telah dibuat, mengedit dan menyimpan-nya secara online.

Android Smartphone

Untuk memenuhi kebutuhan produktivitas pengguna Android, di Google Play Store ada beberapa pilihan aplikasi perkantoran. Anda tidak perlu mencari-nya satu persatu karena di artikel ini sudah ada beberapa rekomendasi pilihan aplikasi yang bisa anda gunakan.

Aplikasi yang telah dipilih dibawah semuanya gratis, meskipun ada beberapa aplikasi memiliki versi berbayar atau fitur tambahan yang tersedia melalui pembelian dalam aplikasi. Anda juga dapat menggunakan daftar referensi ini apabila saat ini sedang mencari alternatif dari Microsoft Office untuk PC ataulaptop.

Daftar ini adalah kompilasi dari aplikasi Android perkantoran terbaik. Anda dapat memilih salah satu-nya sesuai dengan kebutuhan saat ini.

8 Rekomendasi Aplikasi Perkantoran Terbaik Di Android

1. WPS Office

WPS Office

Sebelumnya telah dikenal dengan nama Kingsoft Office, WPS Office merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk membuat dokumen, presentasi dan spreadsheet. Salah satu aplikasi perkantoran Android terbaik yang memiliki semua fitur yang diperlukan dari Microsoft Office pada ponsel pintar. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang bersih dan mudah digunakan dimana anda dapat membuat presentasi, lembar kerja spreadsheet, PDF atau membuat dokumen yang kompleks.

Alternatif dari Microsoft Office untuk mobile ini memiliki telah dukungan lebih dari 40 bahasa, serta terintegrasi dengan EverNote dan mendukung pencetakan nirkabel atau wireless. Dapat membuka dokumen dari banyak sumber lokal seperti harddisk dan dapat menyimpan file ke penyedia lain-nya seperti penyimpanan awan. Selain itu, tersedia fitur untuk mengenkripsi dokumen beserta dengan kata sandi pada dokumen yang telah dibuat.

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu adanya iklan dalam aplikasi dan tidak ada cara lain selain dari membeli versi berbayar-nya untuk menghilangkan iklan tersebut. Kelebihannya, aplikasi ini tersedia gratis dan sangat diperlukan di Android.

2. Polaris Office

Polaris Office

Polaris Office + PDF merupakan suatu aplikasi perkantoran gratis untuk Android yang sangat baik dengan banyak fitur dalam satu paket, seperti membuka dokumen, mengedit, berbagi, dan mengarsipkan semua jenis file dokumen kapan dan dimana saja. Aplikasi ini mampu mengedit format file Microsoft Office dengan format DOC/DOCX, HWP, PPT/PPTX, TEXT, XLS/XLSX dan file PDF.

Aplikasi Polaris Office memiliki tampilan antarmuka sederhana, serta menu-menu yang mudah digunakan. Aplikasi ini juga menawarkan penyimpanan awan tersendiri yang bernama Polaris Drive dimana anda dapat mensinkronkan semua dokumen yang telah dibuat. Anda bahkan dapat memilih layanan penyimpanan awan yang ada seperti Google Drive, DropBox, dan Amazon Cloud Drive.

Selain itu, Polaris memungkinkan pengguna untuk membuka dokumen dalam bentuk file Zip terkompresi tanpa harus mengekstrak-nya terlebih dulu. Fitur lainnya yaitu memiliki aplikasi tersendiri yang memungkinkan untuk mengunggah dan mengunduh dokumen dari komputer desktop untuk perangkat mobile. Aplikasi ini mendukung lebih dari 15 bahasa dan merupakan alternatif yang sangat baik untuk aplikasi perkantoran.

3. OfficeSuite

OfficeSuite

OfficeSuite merupakan lebih dari sekedar aplikasi perkantoran, dapat membuka semua jenis file dokumen baik dari lokal atau lokasi jaringan termasuk dari layanan penyimpanan awan dan hadir dengan fitur sinkronisasi dengan semua perangkat. OfficeSuite kompatibel dengan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan Adobe PDF.

Aplikasi ini mendukung hampir semua format Microsoft Office seperti DOC, DOCX, DOCM, XLS, XLSX, XLSM, PPT, PPTX, PPS, PPSX, PPTM, PPSM dan beberapa tambahan format dokumen seperti RTF, TXT, dan ZIP.

OfficeSuite telah terintegrasi dengan file manager untuk sinkronisasi secara cepat dan mudah akses ke file lokal ataupun remote. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, dan semua fitur penting telah tersedia dalam versi gratis. Sedangkan pada versi berbayar telah dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak.

Dalam versi berbayar memungkinkan anda untuk mengkonversi file PDF dan memindai dokumen atau gambar dengan kamera dengan mudah. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi dengan harga yang mahal.

4. Docs To Go

Docs To Go

Docs To Go merupakan salah satu aplikasi perkantoran terbaik yang telah lama ada di Android. Memiliki tampilan antarmuka berbentuk explorer sederhana dimana anda dapat dengan cepat menemukan dan membuka dokumen. Docs To Go memiliki semua fitur yang dibutuhkan seperti pengolah kata, mengedit spreadsheet, dan edit presentasi.

Tidak diperlukan pendaftaran akun terlebih dulu hanya untuk menggunakan aplikasi dan akan memberikan anda kebebasan untuk menyimpan file dimana pun.

Aplikasi juga memiliki fitur unik yang dapat menunjukkan pada anda mengenai perubahan dokumen yang dilakukan di Microsoft Office. Anda dapat melihat perubahan yang dibuat sebelumnya pada dokumen. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, dengan pilihan untuk sinkronisasi dengan desktop, serta telah tersambung ke beberapa akun penyimpanan awan. Untuk membuka file dengan kata sandi hanya tersedia melalui pembelian dalam aplikasi.

5. Microsoft Word, Excel, PowerPoint

Microsoft Office Android

Pada bulan Juni tahun 2015 yang lalu, Microsoft merilis versi Word, Excel, dan PowerPoint untuk ponsel pintar Android. Aplikasi ini secara cepat langsung menjadi aplikasi terbaik dengan 50 juta kali unduhan. Aplikasi ini hadir dalam bentuk paket baik untuk Windows Phone dan Android. Anda dapat mengunduh Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint secara gratis.

Aplikasi memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dimana anda dapat melihat, mengedit, dan membuat dokumen. Juga telah terintegrasi dengan OneDrive, layanan penyimpanan awan dari Microsoft dan DropBox. OneDrive secara otomatis akan menyimpan semua dokumen yang telah dibuat oleh aplikasi Office Mobile. Layar depan dari Office Hub akan menampilkan daftar dokumen terbaru yang telah disimpan ke OneDrive.

Sedangkan pada versi Windows Phone memungkinkan pengguna untuk menyimpan file secara lokal pada perangkat. Secara keseluruhan, aplikasi populer ini tidak boleh terlewatkan untuk digunakan, dan patut anda coba.

Microsoft Word di Google Play Store

Microsoft Excel di Google Play Store

Microsoft Powerpoint di Google Play Store

6. Google Drive

Google Drive

Google Drive akan memberikan anda akses ke semua dokumen Word, Excel dan PowerPoint yang ada di Google Drive. Setelah anda menyimpan file Microsoft Office di Google Drive, anda dapat menggunakannya pada Office Compatibility Mode/mode kompatibilitas office (OCM). OCM juga telah disertakan dengan Goole Docs, Sheets, dan slide.

Saat anda akan membuka salah satu dokumen dalam Google Drive, akan terbuka secara otomatis sesuai dengan aplikasinya, dimana anda bisa dengan mudah mengedit-nya. Tampilan antarmuka Google Drive sangat mudah digunakan, dan aplikasi ini tersedia gratis.

7. Quip-Docs, Chat, Sheets

Quip

Quip adalah aplikasi yang akan memberikan pengguna kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam dokumen dan spreadsheet. Sangat mudah untuk membuat dokumen dan mengundang orang lain untuk membuat perubahan. Aplikasi ini dapat menangani semua jenis dokumen office, slide, spreadsheet dan mendukung semua jenis perangkat Android. Namun sayangn-nya, dalam aplikasi tidak tersedia apabila anda ingin membuat atau mengedit presentasi.

Quip memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan memiliki fitur chatting untuk mempermudah berkolaborasi. Semua dokumen yang dibuat di Quip dapat diekspor untuk aplikasi lain-nya seperti DropBox, EverNote, atau Google Drive. Aplikasi gratis untuk diunduh dan juga bisa digunakan pada komputer PC dan Mac.

8. SmartOffice

SmartOffice

SmartOffice merupakan salah satu aplikasi perkantoran Android populer lainnya yang memiliki fitur lengkap dan mudah dioperasikan. Anda dapat membuat, mengedit, melihat, dan berbagi dokumen Microsoft Office dari smartphone. Memiliki fitur editing yang lengkap dengan beragam format seperti huruf tebal, huruf miring, warna font, dan lainnya. Anda dapat mengakses file dari Microsoft Word, Powerpoint, dan Spreadsheet. Serta anda dapat menyimpan dokumen kedalam format asli-nya atau mengkonversi ke format PDF.

Aplikasi memiliki tampilan antarmuka yang user friendly. Anda dapat membuka dan menyimpan dokumen anda ke penyimpanan awan. Selain itu, anda dapat mengamankan file pribadi dengan proteksi kata sandi. Memiliki dukungan dengan lebih dari 35 bahasa yang berbeda. Dan kelebihan terbaik dari aplikasi ini yaitu gratis tanpa adanya iklan atau pembelian di dalam aplikasi.

Apakah anda telah menemukan salah satu aplikasi perkantoran Android terbaik dari daftar diatas. Bagikan tanggapan anda melalui komentar dibawah.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *