5 Layanan Website Untuk Berbagi File Berukuran Besar

Antusias Teknologi | 5 Layanan Website Berbagi File Besar – Mentransfer file berukuran besar melalui internet membutuhkan koneksi yang stabil, sedikit saja koneksi internet melambat maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama atau bahkan bisa mengalami kegagalan transfer file, tentunya hal tersebut tidak diinginkan bukan.

Layanan Website Berbagi File

Gambar Ilustrasi: ShutterStock

Anda bisa mencoba berbagai layanan website berbagi file populer yang ada di internet, seperti layanan unggah file besar yang ada dalam daftar artikel ini.

Keamanan datanya pun terjamin alias hanya anda dan tujuan orang yang dikirimi file yang mengetahuinya, dari hanya beberapa hari sampai bulan file akan terhapus secara otomatis untuk menghindari penyalahgunaan file.

Layanan Website Untuk Berbagi File Berukuran Besar

1. Sharefast

Sharefast

Mengunggah file secara online selalu menimbulkan kekhawatiran akan file yang telah diunggah salah kirim secara tidak sengaja. Sharefast merupakan website tercepat untuk berbagi file dengan waktu yang hanya sementara saja.

Website ini tidak menyebutkan dengan jelas mengenai batasan berapa banyak file yang dapat diunggah atau besaran ukuran file. Anda harus memilih jumlah waktu file tersebut akan aktif mulai dari 10 menit, satu jam, 10 jam, atau seharian penuh.

Selanjutnya file akan dihapus selamanya dengan tujuan untuk melindungi privasi anda. Bahkan, pada halaman websitenya Sharefast telah menyebutkan berapa banyak jumlah file yang saat ini telah disimpan di servernya kemudian dihapus secara otomatis.

Tidak seperti layanan berbagi file lainnya, Sharefast akan membuat tautan dua karakter agar mudah diingat. Bahkan anda bahkan dapat membuat tautan khusus tersendiri, tetapi dibutuhkan minimal empat karakter.

2. Dropbox Transfer

Dropbox Transfer

Dengan Dropbox anda dapat berbagi file dan folder berukuran lebih besar, yang perlu dikhawatirkan adalah kapasitas dari penyimpanan Dropbox penerima file, dan berapa lama penerima akan mendapatkan file tersebut. Dropbox transfer merupakan cara terbaru berbagi file diantara penyimpanan awan dan email.

Dengan Dropbox file transfer, anda dapat berbagi file hingga sampai 100 MB untuk akun dasar. Pengguna plus dapat mengirim file sampai 2 GB, sementara akun pengguna Pro dapat mengirimkan file hingga 100 GB.

Dropbox bekerja seperti email, di mana file asli anda tidak akan berubah di penyimpanan Dropbox, dan penerima akan mendapatkan salinan dari file tersebut. Apabila membuat perubahan, maka tidak akan mengubah file anda.

Transfer file akan mengalami kedaluwarsa secara otomatis setelah tujuh hari dengan tujuan untuk melindungi privasi anda. Anda dapat menambahkan file dari penyimpanan Dropbox yang sudah ada, atau mengunggah file baru melalui komputer.

Dropbox transfer juga memiliki pelacakan secara otomatis, sehingga setiap kali seseorang mengunduh file, anda akan mendapatkan notifikasi. Dropbox transfer saat ini masih tersedia dalam versi beta.

3. Pixeldrain

Pixeldrain

Pixeldrain menawarkan jumlah penyimpanan file terbanyak apabila anda akan memanfaatkan fitur-fiturnya. Secara keseluruhan, anda akan mendapatkan 100 terabyte penyimpanan secara gratis, yang dapat dibagikan dengan siapa pun untuk diunduh.

Pada website Pixeldrain anda bisa mengunggah file berukuran sampai 10 GB, yang merupakan batas ukuran satu file. Anda dapat terus mengunggah lebih banyak file dari batasan tersebut dan mengubahnya menjadi daftar untuk dibagikan.

Daftar atau list merupakan nama file yang berbeda untuk folder atau koleksi. Suatu daftar batas maksimumnya berjumlah 10 ribu, sehingga anda dapat berbagi file 10×10.000 gigabyte dalam satu kali unggahan.

Namun anda harus mengetahui berapa lama Pixeldrain akan menyimpan file yang di unggah tersebut, mulai dari tanggal upload, anda akan mendapatkan 100 hari. Dan setiap kali seseorang mengunjungi URL file tersebut untuk melihatnya atau mengunduhnya, file masih akan terus disimpan untuk 100 hari berikutnya.

File yang diunggah mungkin tidak akan terhapus apabila tautan tersebut banyak diunduh dan telah tersebar di internet, jadi berhati-hatilah dengan apa yang anda ingin bagikan di Pixeldrain.

Pixeldrain merupakan salah satu dari website yang bisa langsung digunakan tanpa harus mendaftar terlebih dulu, dimana anda dapat mentransfer file tanpa keharusan membuat akun. Apabila telah membuat akun, anda akan dapat dengan mudah mengakses file di mana saja dan melacaknya.

Pixeldrain juga memiliki fitur untuk berbagi teks sederhana seperti website Pastebin. Copy paste teks ke dalam editornya dan berbagi tautan yang baru dihasilkan dengan orang lain.

4. Dropcorn

Dropcorn

Dropcorn adalah cara termudah untuk berbagi file dengan orang di sekitar secara langsung. Anda bisa mengunjungi halaman websitenya baik melalui desktop ataupun ponsel, menambahkan file, dan memberitaukan orang disekitar anda dalam jarak 100 kaki untuk mengunduhnya. Anda harus memberikan izin Dropcorn untuk melacak lokasi.

Anda dapat berbagi file, gambar, atau tautan, baik melalui penyimpanan lokal atau opsi penyimpanan awan seperti Dropbox, Google Drive, dan Evernote. Setelah selesai, klik Drop untuk membuat ruangan dengan nama yang unik.

Ruangan yang dibuat ini akan dapat ditemukan oleh siapapun dalam jarak 100 kaki. Selanjutnya ruangan yang telah dibuat dan datanya akan menghilang dengan waktu tertentu. Anda juga dapat menutup ruangan secara manual jika diinginkan.

Apabila pengguna tidak dapat menemukan ruangan, atau apabila anda ingin berbagi file yang sama dengan seseorang yang tidak ada di sekitar anda, anda masih tetap dapat melakukannya.

Setiap ruangan akan mendapatkan kode empat warna yang unik, dalam teks box Find Something, klik Find by color dan masukkan kode. Dan sekarang, anda telah terhubung ke ruangan tersebut dan dapat mengunduh file dan folder.

5. TeraShare (Windows, macOS, Linux)

TeraShare

TeraShare merupakan suatu aplikasi baru yang menggabungkan teknik berbagi file Peer To Peer (P2P) BitTorrent dan server file sharing berbasis penyimpanan awan.

Cara kerjanya yaitu anda mengunduh dan menjalankan aplikasi TeraShare pada komputer, kemudian menambahkan file untuk dibagikan, yang nantinya akan menghasilkan tautan unik. Bagikan tautan tersebut dengan teman anda, sehingga teman anda dapat mulai mengunduh file tersebut.

Karena ini menggunakan cara berbagi file melalui jaringan P2P, unggah dan unduhan akan segera dimulai. Teman anda akan mengunduh berkas dari komputer anda satu sama lain, sehingga akan meningkatkan kecepatan unduhan. Tentu saja, komputer dan internet anda harus diaktifkan saat teman anda sedang mengunduh file.

Server TeraShare menggunakan teknologi hibrid, dimana ukuran file yang lebih kecil dari 10 GB akan diunggah ke server TeraShare, sehingga penerima dapat mengunduhnya bahkan saat komputer anda sedang dimatikan.

TeraShare sangat cocok bagi anda yang sering berbagi file besar melalui jaringan internet.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.