Memantau Suhu Perangkat Keras PC Atau Laptop Dengan Aplikasi Freeware CPUID HWMonitor

Panas menjadi musuh utama dari perangkat keras PC/Laptop, panas pada PC/Laptop disebabkan oleh berbagai faktor seperti bermain game yang berat, fan prosesor yang berdebu, bagian dalam komponen PC/Laptop yang berdebu sehingga menghambat keluarnya udara panas, menjalankan aplikasi yang berat, ataupun thermal pasta yang sudah mengering pada prosesor dan berbagai faktor-faktor lainnya.

Aplikasi Freeware CPUID HWMonitor

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti kepanasan atau yang lebih parah mengalami kerusakan, ada baiknya kita secara berkala memantau suhu pada perangkat keras PC/Laptop masing-masing, seperti aplikasi yang akan admin bagikan di artikel ini.

CPUID HWMonitor adalah salah satu aplikasi freeware yang dapat memantau tegangan, temperatur prosesor dan harddisk, kecepatan putaran kipas prosesor secara akurat pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini juga dapat membaca pengaturan konfigurasi CPU yang paling baru seperti sensor termal dan tegangan, temperatur harddisk melalui S.M.A.R.T, dan temperatur kartu grafis.

Silahkan sobat unduh aplikasinya terlebih dulu disini
http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.html

Kemudian install seperti biasa dan jalankan.

Setelah aplikasi dijalankan maka akan terlihat detail dari suhu masing-masing perangkat keras PC/Laptop sobat seperti clock prosesor, temperatur prosesor dan harddisk, temperatur kartu grafis, kecepatan putaran kipas prosesor, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Aplikasi Freeware CPUID HWMonitor Screenshoot

Dengan adanya aplikasi pemantau suhu ini kita dapat mengetahui lebih dini untuk memberikan penanganan baik dengan membawanya ke servis center atau dengan memperbaikinya sendiri jika mampu sebelum terjadi kerusakan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.