Monitoring Status Website Dapat Diakses Atau Tidak Dengan Layanan Tool Online

Selain tugas memantau server, menjaga performa, mengoptimasi dan perawatan website, mencegah penyusup atau malware masuk ke website, salah satu tugas wajib bagi seorang webmaster dan administrator jaringan adalah memastikan agar website yang dikelola dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan monitoring status website dan dapat diakses oleh pengunjung. Oleh karena itu, monitoring website secara berkala wajib untuk dilakukan.

Jika anda adalah seorang webmaster dan administrator jaringan, bisa menggunakan salah satu layanan online untuk mengecek website sedang down/tidak dapat diakses atau lancar diakses oleh pengunjung. Salah satu layanan pengecekan website yaitu Check Host. Pada website ini anda dapat dengan mudah mengecek status website anda dari berbagai lokasi server dan datacenter dari seluruh dunia.

Selain itu, ada berbagai layanan lainnya yang bisa anda coba seperti, Info, Ping, DNS, dan Subnet Calculator yang memiliki fungsi tersediri.

Cara Cek Dengan Mudah Status Website Dengan Check Host

1. Silahkan anda buka website https://check-host.net/

2. Kemudian masukkan alamat website yang ingin anda cek pada kolom yang tersedia, dan klik HTTP, maka Check Host akan melakukan pengecakan.

Monitoring Status Website

3. Silahkan anda menunggu beberapa saat, sampai tool selesai melakukan pengecekan website anda.

Monitoring Status Server2

Apabila status OK lebih banyak seperti pada gambar diatas, berarti website anda memiliki status normal, jika sebaliknya berarti website anda sedang down untuk sementara waktu. Silahkan hubungi provider hosting anda dengan mingirimkan Support Ticket, biasanya mereka akan cepat memberikan tanggapan.

Kini anda telah mengetahui layanan untuk mengetahui suatu website bisa diakses atau tidak.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.