Google Luncurkan Android Oreo Edisi Go Untuk Ponsel Pintar Low End

Google baru saja mengumumkan Android Oreo edisi Go, versi terbaru dari sistem operasi ponsel pintar yang secara khusus ditujukan pada perangkat low-end dengan beberapa tweaking untuk mengoptimalkan kinerja serta performa agar lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Android Oreo Edisi Go

Pada dasarnya, dengan Android Go Google ingin menawarkan pengalaman menggunakan sistem operasi Android terbaru untuk smartphone dengan spesifikasi yang rendah, seperti pada ponsel pintar yang hanya memiliki RAM sebanyak 512 MB atau 1 GB.

Untuk merealisasikan target tersebut, Google menerapkan serangkaian optimasi sistem operasi, serta melakukan tweaking terhadap beberapa aplikasi yang membantu meningkatkan kinerja terlepas dari spesifikasinya.

Google mengatakan rata-rata aplikasi sekarang 15 persen lebih cepat pada perangkat Android Go, sementara penyimpanan yang terinstal untuk aplikasi Google memerlukan 50 persen lebih kecil pada versi sistem operasi yang baru ini. Tentu saja ini hanya berlaku untuk aplikasi dari Google, perusahaan akan bekerja dengan developer untuk mengoptimalkan aplikasi untuk Android Go dan mengambil keuntungan dari sistem baru.

Aplikasi dari Google yang telah ditandai sebagai aplikasi sudah siap dijalankan di Android Go seperti Google Go, Google Assistant Go, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, Gboard, Google Play, Chrome, dan new Files Go aplikasi dari Google.

Hasil akhirnya adalah kami menambah sebanyak dua kali lipat dari jumlah penyimpanan yang tersedia pada perangkat kelas rendah, dikatakan oleh Google.

Fitur google data saver telah diaktifkan secara default di Android Go, dan perusahaan pencari tersebut mengatakan keamanan tingkat tinggi yang sama seperti pada Android Oreo juga ditawarkan kepada perangkat low-end.

Android Oreo merupakan versi paling aman dari Android, saat anda ingin membeli perangkat Android Oreo (khususnya edisi Go), anda akan mendapatkan semua fitur keamanan, juga dijelaskan bahwa Google Play Protect akan tersedia pada ponsel pintar dengan spesifikasi rendah.

Selain positif juga terdapat kekurangan dari Android Oreo edisi Go, diantaranya adalah loading yang lebih lama untuk dapat menjalankan aplikasi, sebagian besar disebabkan karena ruang penyimpanan yang terbatas. Akan tetapi bila dibandingkan dengan kinerja aktual aplikasi pada perangkat Android Oreo dengan spesifikasi rendah adalah kelebihan lainnya dari sistem operasi ini, dan Google mengharapkan ini akan membuat sebuah perbedaan yang signifikan.

Android Go saat ini hanya tersedia untuk produsen, dan perangkat pertama akan diluncurkan di negara India, menurut Google. Meskipun tidak ada keterangan kapan rilisnya akan diumumkan, akan tetapi sepertinya tidak terlalu lama sebelum akhirnya dirilis.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.