Mengenal Kode QR Dan Penggunaannya

Kode QR

Kode QR saat ini ada di mana-mana, Anda dapat dengan mudah menemukannya di cetak pada kemasan kotak gadget baru, kemasan makanan, website belanja online, dan supermarket.

Perseorangan dan perusahaan biasanya menggunakannya untuk menyimpan dan mendistribusikan semua jenis informasi dengan cara yang cepat dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki ponsel pintar.

Kode QR

Seperti apa kode QR itu, apakah Anda pernah memindainya, apakah Anda telah mengetahui apa yang dilakukan kode QR dan apa tujuan dari kode QR. Apabila belum mengetahuinya, Anda bisa membaca artikel ini untuk mempelajari selengkapnya tentang kode QR.

Apa itu kode QR

Apa sebenarnya arti dari istilah Kode QR. Istilah tersebut merupakan singkatan dari Quick Response Code. Kode QR adalah kode batang persegi (kode batang dua dimensi) yang pertama kali dikembangkan dan digunakan di negara Jepang.

Seperti kode batang lainnya, kode QR tidak lebih dari salah satu cara untuk menyimpan informasi dalam label optik yang dapat dibaca oleh mesin. Data yang terdapat dalam kode QR dapat berisi mulai dari teks sederhana sampai dengan alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

Kode QR menyimpan data menggunakan pola titik hitam dan spasi putih yang disusun dalam bentuk kisi persegi. Pola-pola ini dapat dipindai dan diterjemahkan ke dalam informasi yang dapat dibaca manusia, dengan bantuan perangkat pencitraan, seperti kamera atau pemindai scanner.

Cara yang paling umum dalam memindai kode QR saat ini yaitu dengan menggunakan kamera ponsel Anda dan aplikasi khusus untuk membaca kode QR.

Mengapa Kode QR Bisa Sangat Berguna

Kode QR sangat mudah untuk dibuat dan digunakan. Merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menyimpan berbagai jenis data dengan tujuan menghemat ruang penyimpanan.

Apabila data yang ingin Anda simpan ke dalam kode QR hanya berisi karakter alfanumerik atau teks saja, satu kode QR dapat menampung sampai 4000 karakter.

Keperluan Penggunaan Kode QR

Karena kode QR dapat menyimpan berbagai jenis informasi, kode QR bisa digunakan untuk banyak fungsi dan tujuan. Kode QR pada umumnya digunakan untuk menyimpan data seperti:

1. Teks sederhana, seperti ucapan selamat datang, huruf, atau paragraf.
2. Alamat, baik alamat rumah pribadi atau alamat perusahaan dan kantor.
3. Nomor telepon, seperti nomor telepon pribadi, atau nomor telepon perusahaan.
4. Alamat email, akun pribadi atau bisnis.
5. Tautan Website, alamat website atau halaman website tertentu.
6. Tautan ke aplikasi, dapat ditemukan di App Store seperti Google Play dan Apple App Store.
7. Pembayaran, Kode QR dapat menyimpan informasi tentang rekening bank atau kartu kredit.
8. Informasi produk, biasa terdapat dalam kemasan suatu produk atau barang.
9. Autentikasi akun online, website dapat menampilkan kode QR yang dapat dipindai oleh pengguna terdaftar dengan ponsel pintar dan secara otomatis masuk ke dalam akun.
10. Otentikasi jaringan WiFi, Kode QR dapat digunakan untuk menyimpan detail otentikasi jaringan WiFi seperti SSID, kata sandi, dan jenis enkripsi. Saat Anda memindai kode QR menggunakan ponsel pintar, secara otomatis Anda akan tersambung dengan jaringan tersebut.
11. Kode akses verifikasi 2 langkah, digunakan saat Anda mengkonfigurasi autentikasi keamanan dua langkah dari berbagai website dan aplikasi.

Anda dapat menyimpan banyak jenis informasi ke dalam kode QR dan semuanya tergantung pada kebutuhan dan keperluan. Misalnya, Anda dapat menggunakan kode QR untuk mengarahkan seseorang ke halaman profil instagram, facebook atau twitter Anda.

Atau Anda dapat menggunakannya untuk membagikan tautan atau informasi penting ke salah satu grup di sosial media Anda.

Di Mana Kode QR Biasanya Ditampilkan

Anda dapat menemukan kode QR di berbagai jenis lokasi, beberapa tempat yang paling umum di mana Anda dapat melihatnya adalah:

1. Pada kartu nama, berisi detail kontak dari semua informasi.
2. Pada kotak kemasan ponsel pintar dan gadget lainnya, kemasan makanan, berisi tautan ke aplikasi, layanan dukungan untuk perangkat yang Anda beli, halaman produk dengan informasi tentang gadget.
3. Di iklan televisi, billboard, iklan online, dan jenis periklanan lainnya.
4. Pada tag inventaris perusahaan, berisi informasi seperti nomor seri, nomor bagian, spesifikasi perangkat keras, dan tanggal inventaris.

Singkatnya, Anda dapat menempatkan kode QR pada apa pun yang dapat dilihat dan dipindai dengan ponsel pintar.

Bagaimana Cara Memindai Kode QR, Dan Apa Itu Pemindai Kode QR

Cara termudah dan paling umum untuk memindai kode QR adalah dengan menggunakan ponsel pintar dan aplikasi pemindaian kode QR. Terdapat banyak pilihan aplikasi pemindaian QR di Play Store Google, dan ada juga pilihan di Apple App Store.

Yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan kamera ponsel ke kode QR, dan aplikasi pemindaian QR akan menerjemahkannya.

Bagaimana Cara membuat Kode QR

Sebelum membuat kode QR, pastikan Anda mengetahui jenis informasi apa yang ingin Anda simpan dan di mana ingin mendistribusikan kode QR tersebut.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda bisa memilih membuatnya baik menggunakan website ataupun aplikasi android dan iOS, pembuatan ini akan dibahas terpisah pada artikel lain di website ini.

Contoh Penggunaan Kode QR

Sudah banyak penggunaan kode QR baik yang ada di internet ataupun di kehidupan kita sehari-hari, berikut adalah salah satu contoh penggunaan kode QR khususnya bagi Anda yang belum mengetahuinya.

Contoh pertama penggunaan kode QR untuk membuka halaman website, seperti untuk membuka halaman website https://www.antusiastekno.web.id, Anda cukup melakukan pemindaian kode QR yang ada di bawah ini.

Kode QR Website Antusias TeknologiKode QR Website Antusias Teknologi

Setelah pemindaian selesai, Anda bisa mentap atau klik tautan pada informasi Kode QR tersebut dan browser akan terbuka untuk membuka tautan dari website Antusias Teknologi.

Contoh kedua dari penggunaan kode QR yaitu berupa isi teks huruf dalam dua paragraf yang berisi istilah dari Kode QR, apabila Anda memindai kode QR dibawah, maka Anda bisa membaca isi paragraf seperti yang terlihat pada gambar.

Teks Paragraf

Kode QR Teks ParagrafKode QR Teks Paragraf

Apakah Anda Sering Membaca Atau Membuat Kode QR

Sekarang Anda telah mengetahui pentingnya kode QR, yang menawarkan cara cepat untuk menyimpan data dalam penghematan data.

Seperti yang telah Anda lihat dalam artikel ini, Anda dapat menyimpan banyak jenis data berbeda dan mendistribusikannya kepada orang lain menggunakan berbagai jenis media.

Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: compzone08

Tertarik dengan blogging, pemrograman web, web design, dan teknologi, menjadi Blogger Dari Tahun 2008.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.