Tips Cetak Jadwal Sholat Per Bulan Secara Online

Antusias Teknologi | Tips Cetak Jadwal Sholat Online – Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk selalu mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari, bagi yang sengaja tidak mengerjakan atau meninggalkannya sungguh sangat amat besar dosanya baik didunia maupun di akhirat kelak karena shalat adalah ibadah yang akan pertama kali dihisab sebelum ibadah lainnya. Sholat juga sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Tips Cetak Jadwal Sholat Online

Gambar Ilustrasi: aswajamuda.com, Edit oleh Antusias Teknologi

Untuk mempermudah kita dalam mengingat dan mengetahui jam waktu sholat selain dari kumandang azan yang ada di langgar atau mesjid, ada baiknya kita membuat jadwal sholat yang bisa dilihat setiap saat. Jadwal sholat ini tentunya akan sangat berguna saat kita sedang berada di tempat terpencil jauh dari desa dan kota.

Terdapat salah satu website yang dapat membantu kita dalam membuat jadwal sholat, website tersebut adalah jadwalsholat.org. Nantinya anda bisa mencetaknya ke dalam format PDF kemudian baru dilanjutkan ke printer untuk ditempel di dinding rumah atau langgar sesuai dengan kebutuhan.

Caranya pun tergolong sangat mudah hanya dengan beberapa langkah saja, namun sebelumnya anda perlu mempersiapkan alat dan aplikasinya terlebih dulu seperti aplikasi untuk membuat dokumen dan konversi file pdf seperti FoxitPhantomPDF atau doPDF, browser seperti google chrome, serta printer inkjet dan kertas kosong A4.

Tips Cetak Jadwal Sholat Per Bulan Menjadi Format PDF Secara Online

1. Silahkan anda buka halaman https://www.jadwalsholat.org/adzan/monthly.php dari browser favorit anda, disini saya menggunakan browser google chrome.

2. Setelah halaman selesai terbuka, tentukanlah terlebih dulu Kota awal dengan memilihnya dari menu drop down Pilih Kota, untuk bulan akan menyesuaikan secara otomatis yaitu bulan saat ini, apabila anda ingin mengubahnya menjadi bulan berikutnya atau sebelumnya anda bisa mengklik tombol sesudah dan sebelum.

Pilih Kota Jadwal Sholat

3. Jadwal shalat dari kota yang telah anda pilih pada langkah sebelumnya akan ditampilkan dibawahnya.

Jadwal Sholat Banjarmasin Juli 2019

4. Untuk mencetaknya ke dalam format file PDF sehingga bisa dicetak ke printer, anda bisa mengklik tombol Print yang terdapat pada bagian kanan bawah halaman website jadwalsholat.org.

Print Halaman Jadwal Sholat

Sebelumnya anda terlebih dulu harus mengatur beberapa pengaturan seperti dibawah ini:

Tujuan: Simpan sebagai PDF
Halaman : Semua
Tata Letak : Potret

Setelan Lain
Ukuran Kertas: A4
Halaman per lembar : 1
Margin: Default
Skala: Sesuaikan
Angka: 125

Tidak dicentang:
Header dan Footer
Grafis latar belakang

Berikut ini adalah gambar dari pengaturan ukuran dan lainnya selengkapnya:

Simpan File PDF Jadwal Sholat

6. Selanjutnya apabila telah selesai mengatur tata letak ukuran halaman anda bisa mengklik tombol Simpan, kemudian tentukan letak folder tempat penyimpanan file dokumen PDF tersebut.

Simpan Dokumen

7. Dokumen jadwal sholat dalam bentuk format PDF sudah siap untuk di cetak ke printer.

Dokumen File PDF Jadwal Sholat

Tambahan:

Untuk mencetak langsung ke printer tanpa harus menyimpannya terlebih dulu ke dalam bentuk dokumen PDF, pengaturannya sama seperti langkah-langkah diatas, namun pada saat akan mencetaknya pilihlah printer yang anda telah install.

Dan inilah dokumen dari jadwal sholat wilayah kota Banjarmasin yang telah disimpan ke file PDF tautan Google Drive;
Jadwal Sholat Bulan Juli 2019 untuk daerah Banjarmasin

Demikianlah tips singkat dan mudah untuk membuat sendiri jadwal sholat per bulan dengan bantuan website jadwalsholat.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.