7 Aplikasi Enkripsi Terbaik Di Windows

Antusias Teknologi – 7 Aplikasi Enkripsi Terbaik Di Windows – Terlepas dari mana anda saat ini sedang bekerja baik di tempat kerja atau di rumah, kita sering menggunakan komputer untuk menyimpan banyak data informasi pribadi dan rahasia.

Mulai dari dokumen penting laporan bisnis, pekerjaan, sampai foto liburan keluarga yang sangat berharga, semuanya tersimpan pada komputer kita di hard disk. Sehingga sangat penting untuk memastikan agar data-data dan informasi ini tetap aman setiap dari akses yang tidak sah.

Enkripsi

Sangat disarankan anda memiliki aplikasi enkripsi baik yang gratis ataupun berbayar, aplikasi tersebut akan melindungi data-data penting dari orang yang tidak berhak. Apa saja aplikasinya, berikut adalah 7 daftar aplikasi enkripsi terbaik untuk Windows yang bisa dicoba.

7 Aplikasi Enkripsi Terbaik Di Windows

1. VeraCrypt

VeraCrypt

Dibuat berdasarkan dari TrueCrypt yang termasuk salah satu aplikasi enkripsi populer namun sekarang telah berhenti dikembangkan, VeraCrypt menyediakan enkripsi data kelas atas.

Pada dasarnya aplikasi ini bekerja dengan membuat volume data dengan kata sandi terenkripsi, selain itu juga dapat mengenkripsi partisi hard disk, partisi sistem dan bahkan seluruh hard disk.

Untuk memulainya, anda terlebih dulu perlu menentukan rincian mengenai volume terenkripsi yang akan dibuat, seperti ukuran, lokasi penyimpanan, serta enkripsi dan tipe algoritma enkripsi yang akan digunakan.

Untuk keamanan tambahan sebaiknya anda dapat membuat kata sandi, serta kunci file (pilihan file secara acak yang bertindak sebagai autentifikasi tambahan).

Setelah volume terenkripsi dibuat, agar dapat dijalankan anda perlu mount virtual drive tersebut (pada salah satu tool yang tersedia) melalui VeraCrypt, setelah memasukkan password dan kunci file (jika digunakan), untuk mengakses atau menambah data yang disimpan di dalamnya.

Data apapun bisa dipindah/disalin ke volume terenkripsi tersebut dienkripsi juga. VeraCrypt mendukung algoritma enkripsi standar industri seperti AES, Serpent, Twofish, dan bahkan dapat menggunakan lebih dari salah satu dari algoritma tersebut.

Sistem Operasi: Windows XP, 7, 8, 8.1, 10; Mac OSX 10.6 dan diatasnya, Linux (Desktop)
Harga: Gratis

2. DiskCryptor

DiskCryptor

Sedang mencari aplikasi enkripsi powerfull dan memiliki banyak fitur? Maka anda bisa mengunakan aplikasi DiskCryptor. Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan dan tampilan interface mudah dipahami, DiskCryptor akan mengenkripsi semua data-data penting anda menjadi lebih mudah.

DiskCryptor bekerja mirip dengan VeraCrypt yang telah dibahas diatas, akan tetapi DiskCryptor hanya dapat mengenkripsi volume disk yang sudah ada, tidak membuat volume baru.

Yang perlu anda persiapkan yaitu memilih volume disk yang ingin dienkripsi. Selanjutnya, aplikasi akan meminta anda untuk menentukan pengaturan tambahan, seperti algoritma enkripsi, serta pengaturan kata sandi dan kunci file untuk keamanan tambahan.

Setelah volume terenkripsi dibuat, dapat diakses atau dimodifikasi dengan cara me-mount pada salah satu menu yang tersedia. DiskCryptor sepenuhnya mendukung algoritma enkripsi seperti AES, Twofish, Serpent, dan dapat digunakan dengan satu sama lain.

Selain itu, DiskCryptor juga dapat mengenkripsi cakram optik dan bootloader sistem.

Sistem: Windows 2000 dan diatasnya (Desktop)
Harga: Gratis

3. Gpg4win

Gpg4win

Meskipun aplikasi ini tidak terlalu mudah untuk digunakan, tetapi setelah anda mencoba aplikasi Gpg4win mungkin anda akan menyukai apa yang akan ditawarkan oleh aplikasi enkripsi ini.

Pada dasarnya, Gpg4win merupakan sebuah aplikasi berbasis grafis Windows dengan menggunakan metode enkripsi GnuPG OpenPGP standar, yang memungkinkan untuk mengenkripsi tidak hanya keamanan data, juga termasuk email dan dokumen.

Untuk memulainya, silahkan install aplikasi Gpg4win, pastikan anda memilih untuk ikut menginstall sub modul GPA (GNU Privacy Asistant) selama instalasi berlangsung.

Ketika anda menjalankan Gpg4win di GNU GNU Privacy Asistant, diharuskan untuk membuat kunci aman yang unik, dibuat dengan kombinasi informasi seperti nama, alamat email, dan kata sandi.

Setelah dibuat, kunci ini dapat digunakan untuk mengenkripsi file dan folder, serta secara digital menandatangani pesan email.

Mengenkripsi file secara cepat dapat dilakukan melalui sub modul File Manager (yang dapat diakses melalui Windows > File Manager) dari GNU Privacy Assistant.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memiilih file-file yang akan dienkripsi, kemudian pilih kunci enkripsi sudah pernah dibuat sebelumnya, dan aplikasi Gpg4Win akan mengenkripsi file tersebut menggunakan standar dari OpenPGP.

Sistem Operasi: Windows, Mac OS X, Linux Debian (Desktop); RPM, Android, VMS, RISC (Mobile)
Harga : Gratis

4. Dekart Private Disk

Dekart Private Disk

Sederhana dan mudah digunakan, Dekart Private Disk merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan enkripsi data-data anda.

Aplikasi ini bekerja dengan konsep volume terenkripsi, setelah selesai menginstalasi dan menjalankan aplikasi, anda dapat mengakses cukup banyak setiap fungsi melalui masing-masing tab sehingga menjadi lebih mudah.

Cara kerjanya yaitu dengan membuat volume terenkripsi (disebut disk pribadi) yang dienkripsi menggunakan algoritma AES-256, dan selanjutnya ditambah dengan penggunaan kata sandi. Yang menjadi pembeda dari Dekart Private Disk adalah fitur Firewall Disk.

Fungsinya adalah mencegah aplikasi yang tidak sah mengakses volume terenkripsi (serta data yang telah disimpan didalamnya) yang memungkinkan dapat masuk hanya melalui daftar putih aplikasi yang telah ditentukan oleh pengguna.

Fitur lainnya adalah backup enkripsi, menghapus data secara aman, dan kemampuannya untuk memulihkan kunci enkripsi melalui kata sandi.

Sistem Operasi: Windows 10, 8.1, 8, 7 dan XP (Desktop)
Harga: 65 dolar, dan 30 hari masa percobaan

5. AxCrypt

AxCrypt

Meskipun aplikasi seperti VeraCrypt memiliki banyak fitur, namun ada sebagian pengguna yang tidak memerlukan semua fitur itu, dan hanya mencari aplikasi enkripsi yang sederhana yang dapat mengenkripsi file dan folder.

Apabila anda termasuk salah satunya, maka anda bisa mencoba aplikasi AxCrypt. Aplikasi ini termasuk yang paling mudah digunakan untuk mengenkripsi data.

Tampilan antarmuka aplikasi hanya terdiri dari satu jendela yang memiliki dua kolom. Kolom kiri adalah daftar drive dan file pada komputer anda dan memungkinkan dengan mudah menjelajahi file atau folder yang anda butuhkan untuk mengenkripsi data.

Setelah memilih salah satu file, klik kanan pada file/folder dan pilih enkripsi. Selanjutnya, tentukan kata sandi enkripsi dan kunci file dan selesai. Proses dekripsi pada dasarnya sama, anda harus memilih opsi dekripsi dari pilihan menu.

AxCrypt menggunakan algoritma enkripsi AES dan dapat digunakan sebagai aplikasi portabel.

Catatan: Instalasi standar dari AxCrypt termasuk beberapa aplikasi pihak ketiga, anda bisa dengan mudah melewatkannya selama instalasi.

Sistem Operasi: Windows (Desktop)
Harga : Gratis

6. 7-Zip

7-Zip

Anda mungkin sudah mengetahui 7-Zip sebagai aplikasi untuk membuat berkas arsip berukuran kecil namun powerfull yang mendukung banyak format, selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengenkripsi data, sehingga membuatnya bisa menjadi pilihan anda karena lebih banyak fitur.

Aplikasi 7-Zip dapat digunakan untuk membuat arsip yang dilindungi oleh kata sandi, sehingga lebih aman dengan menggunakan enkripsi standar AES-256.

Untuk melakukannya, jalankan 7-Zip dan tambahkan file atau folder yang Anda ingin enkripsi ke dalam arsip baru (harap diperhatikan bahwa hanya format 7z dan zip yang mendukung enkripsi).

Setelah menentukan parameter yang diperlukan seperti metode kompresi dan volume, dan tentu saja kata sandi serta metode enkripsi (secara default AES-256), kemudian klik tombol OK.

Hanya dengan melakukan langkah yang sangat sederhana tersebut, anda sudah bisa mengenkripsi data penting.

Sistem Operasi: Windows, Mac OS X, dan Linux (Desktop)
Harga : Gratis

7. BitLocker Drive Encryption

BitLocker Drive Encryption

Ingin aplikasi enkripsi ringan tanpa harus direpotkan dengan masalah instalasi? maka anda bisa memilih BitLocker. Sudah tersedia dalam beberapa versi terbaru dari Windows, BitLocker Drive Encryption memungkinkan anda untuk melindungi seluruh volume disk hanya dalam beberapa klik.

Dengan menggunakan algoritma enkripsi AES, dan menggunakan tipe Trusted Platform Module (TPM) untuk mengenkripsi volume disk.

BitLocker Drive Encryption dapat diaktifkan dalam setiap drive melalui Control Panel. Drive yang telah dienkripsi akan diamankan melalui kata sandi yang telah ditetapkan pengguna, dapat disimpan ke berbagai lokasi penyimpanan seperti USB drive, akun Microsoft, atau dicetak ke kertas.

Kata sandi ini juga berfungsi sebagai pemulihan otentikasi apabila drive dienkripsi akan dipindah ke sistem lainnya. Dengan menggunakan pilihan BitLocker To Go, anda bahkan dapat mengenkripsi USB flash disk.

Sistem Operasi: Windows Vista, 7 Edisi Enterprise dan Ultimate, Windows 8 dan diatasnya Edisi Enterprise dan Pro (Desktop)
Harga : Gratis

Kesimpulan

Selain aplikasi enkripsi yang telah dibahas di atas, ada banyak aplikasi enkripsi kelas profesional lainnya yang tersedia, seperti Sophos SafeGuard Encryption dan Symantec Endpoint Encryption yang bisa anda coba.

Namun, aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk perusahaan, bahkan untuk versi trial pada umumnya mengharuskan untuk memberikan informasi rinci tentang perusahaan anda.

Enkripsi data merupakan cara yang efisien untuk mengamankan akses tidak sah terhadap data-data penting, aplikasi yang dibahas di atas bisa melakukannya.

Apabila anda sedang mencari aplikasi enkripsi dalam skala besar seperti untuk industri, gunakan VeraCrypt atau Dekart Private Disk, atau ingin aplikasi yang lebih sederhana untuk kebutuhan enkripsi file dasar, maka AxCrypt dan 7-Zip cocok untuk anda gunakan.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.