5 Aplikasi Virtual Keyboard Untuk Menangkal Keylogger

Antusias Teknologi 5 Aplikasi Virtual Keyboard Menangkal Keylogger – Keylogger dibuat dalam bentuk aplikasi yang diinstall pada sistem operasi atau perangkat keras yang terhubung di antara komputer dan keyboard untuk menangkap dan merekam setiap ketikan keyboard.

Aplikasi keamanan seperti antivirus biasanya akan melaporkan keylogger saat terdeteksi sebagai malware karena sifat dari aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk menyembunyikan kehadirannya dan mungkin dapat disalahgunakan untuk mencuri informasi pribadi dan login ke website perbankan.

Aplikasi Virtual Keyboard Menangkal Keylogger

Ada beberapa cara menangkal keylogger dalam melindungi identitas anda dan masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus, akan tetapi kekurangannya yaitu tidak dapat mendeteksi semua aplikasi keylogger sehingga anda memerlukan lapisan perlindungan tambahan.

Alternatifnya anda dapat menggunakan aplikasi analisis perilaku seperti SpyShelter atau Zemana AntiLogger yang akan memberitahu anda saat mendeteksi tindakan perekaman data pada layar (penangkap layar, ketikan pada keyboard dan clipboard, serta penggunaan webcam) yang biasanya digunakan oleh keylogger.

Aplikasi enkripsi pengacak huruf pada keyboard seperti KeyScrambler juga sangat efektif untuk menangkal keylogger dengan memberi mereka data-data secara acak.

Cara lainnya yang sangat cocok digunakan pada komputer publik seperti di warnet yang mencegah anda dari menginstall aplikasi pihak ketiga adalah virtual keyboard.

Virtual keyboard pada dasarnya adalah sebuah aplikasi portable yang dapat mensimulasikan keyboard sebenarnya pada komputer di mana anda dapat mengetik huruf dengan menggunakan mouse.

Ide menggunakan virtual keyboard untuk menghindari keylogger mungkin terlihat efektif karena papan keyboard tidak digunakan untuk mengetikkan password.

Untuk melihat efektivitas virtual keyboard terhadap keylogger, ada 5 pilihan aplikasi keyboard virtual yang bisa ada coba, berikut adalah ulasannya.

Aplikasi Virtual Keyboard Menangkal Keylogger

1. Neo’s SafeKeys

Neos SafeKeys

Neo’s SafeKeys mampu menangkal keylogger dengan cara mentransfer karakter yang telah dipilih menggunakan metode tarik dan lepaskan mouse. Cara ini merupakan salah satu yang paling aman pada saat ini karena anda tidak menggunakan keyboard atau clipboard melainkan menggunakan melibatkan copy dan paste.

Yang perlu anda lakukan adalah menjalankan Neo’s SafeKeys, kemudian memilih karakter dengan menggunakan mouse, klik dua kali pada tanda bintang, dan tarik dan lepaskan ke dalam box password pada browser web.

Perlu diperhatikan bahwa mode injeksi perlu diaktifkan terlebih dulu dari pilihan menu apabila anda ingin berniat untuk menarik dan melepaskan password ke dalam halaman website. Neo’s SafeKeys belum diperbarui selama hampir 3 tahun, namun masih bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows 7 dan 8.

2. Oxynger KeyShield

Oxynger KeyShield

Hal pertama yang anda lihat pada aplikasi Oxynger KeyShield yaitu tata letak tombol secara acak dan akan terus berubah setiap kali anda menjalankan-nya, tujuannya adalah untuk melindungi terhadap penyadapan klik mouse oleh keylogger.

Oxynger KeyShield tampak sama seperti aplikasi keyboard virtual lainnya tetapi sebenarnya dibuat secara khusus untuk melawan keylogger. Dalam aplikasi ini telah termasuk fitur perlindungan dari tangkapan layar saat aplikasi Oxynger KeyShield sedang berjalan.

3. Mouse Only Keyboard

Mouse Only Keyboard

Mouse Only Keyboard merupakan aplikasi virtual keyboard lainnya yang sudah lama ada, terakhir diperbarui pada delapan tahun yang lalu. Berbentuk portabel dan ukuran-nya hanya sekitar 73 KB. Mouse Only Keyboard tidak menyerupai keyboard sebenarnya namun efektif melawan keylogger.

Sehingga aplikasi ini bisa membantu anda dalam mentransfer informasi sensitif seperti password melalui clipboard (copy dan paste) sementara menonaktifkan clipboard untuk mencegah keylogger menangkap data pada clipboard.

Tambahan fitur kustom karakter dapat secara permanen ditambahkan ke dalam daftar dengan cara menambahkannya melalui file konfigurasi mok.ini.

4. Anti-Keylogger Virtual Keyboard

Anti-Keylogger Virtual Keyboard

Tidak ada yang perlu dikonfigurasi pada aplikasi keyboard virtual ini dan satu-satunya kekurangan yang ditemukan adalah aplikasi dijalankan pada saat startup yang dapat dinonaktifkan dari tool msconfig.

Pastikan anda mengklik link download langsung untuk menghindari penggunaan installer aplikasi pihak ketiga. Setelah proses download selesai, anda dapat mengekstraknya dengan menggunakan WinRar atau PeaZip untuk mendapatkan file portabel.

5. Windows On-Screen Keyboard

Windows On-Screen Keyboard

Pengguna sistem operasi Windows dapat menemukan keyboard virtual terintegrasi yang disebut On-Screen Keyboard (osk.exe) yang memungkinkan anda untuk memasukkan data tanpa menggunakan ketikan pada keyboard.

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa Windows On-Screen Keyboard bisa membantu melindungi terhadap keylogger. Anda dapat menjalankan On-Screen Keyboard dengan mengetik osk pada pencarian Windows.

Penutup

Ada beberapa keylogger yang mampu menangkap screenshot klik mouse dan fitur ini dengan mudah dapat mengungkapkan karakter yang dipilih dari aplikasi virtual keyboard.

Inilah sebabnya mengapa apliakasi Neo SafeKeys dan Oxynger KeyShield mengklaim memberikan fitur perlindungan terhadap penangkap layar untuk mencegah keylogger menangkap tombol yang ditekan pada virtual keyboard.

On-Screen Keyboard di Windows tidaklah berguna menghadapi serangan dari keylogger. Aplikasi tersebut tidak dimaksudkan untuk tujuan keamanan melainkan hanya sebagai kemudahan penggunaan.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.