16 Hal Berguna Pengguna Steam Yang Harus Ketahui

Antusias Teknologi | Hal Berguna Pengguna Steam Yang Harus Ketahui – Steam merupakan platform distribusi game digital yang dibuat oleh Valve Corporation. Dalam perkembangan-nya saat ini Steam menawarkan multiplayer gaming, virtual reality, manajemen hak cipta digital, layanan jejaring sosial dan video streaming untuk pengguna-nya, steam lebih populer dengan distribusi digital game original.

Steam pertama kali diumumkan pada tahun 2003 di ajang konferensi pengembang game sebagai distribusi game, yang pada awalnya saat itu dibuat untuk mengatasi masalah Valve dengan memperbarui game online buatan mereka yaitu Counter Strike.

Steam

Foto: store.steampowered.com

Pada akhir tahun 2005, Steam menghosting game pihak ketiga yang tersedia untuk dibeli dan di unduh. Game pertama yang dapat dibeli saat itu ialah Rag Doll Kung Fu dan Darwinia.

Sampai tahun 2019 ini, game online Counter Strike:Global Offensive masih menjadi game favorit para gamer dengan rekor pemain terbanyak di dunia, sementara pengguna steam terbanyak berasal dari negara Amerika Serikat, user profile dengan level tertinggi dimiliki oleh St4ck berlevel 4658, game dengan rating tertinggi yaitu Team Fortress 2 menyusul dibawahnya Garry’s Mod, Terraria dan Left 4 Dead 2.

Steam Distribusi Game Digital

Jika anda baru mengenal Steam sebagai distribusi game digital, ada baiknya membaca dan memahami artikel ini untuk beradapatasi menggunakan platform ini.

16 Hal Berguna Pengguna Steam Yang Harus Ketahui

1. Membeli Game Saat Sedang Diskon

Beli Game Steam Saat Diskon

Diskon masih menjadi andalan bagi pengguna steam untuk mendapatkan game dengan harga murah, bagi anda yang masih baru dalam membeli game original, maka saat diskon adalah pilihan terbaik, lain kasusnya apabila anda bersedia mengeluarkan lebih banyak uang atau istilah lain yaitu sultan dengan membeli game secara penuh tanpa diskon.

Game AAA atau indie dari developer yang baru rilis biasanya sangat jarang sekali mendapatkan diskon, namun dalam beberapa bulan kedepan setelah tanggal rilis biasanya sudah terdapat diskon, diskon berkisar di antara 10 sampai 15 persen.

Apabila game yang ingin dibeli sudah lama rilis 3 atau 4 tahun kebelakang dan anda tertarik untuk memainkan atau memilikinya, tunggu dan bersabarlah saat game tersebut sedang mendapatkan diskon, game AAA seperti Just Cause 3 XXL termasuk DLC yang harga aslinya sekitar 250 ribuan di diskon hanya sekitar 35 ribuan saja.

Steam selalu mengadakan diskon game tertentu setiap minggu-nya, anda dapat melihatnya pada halaman http://store.steampowered.com/search/?specials=1, selain itu website https://steamdb.info/sales/ juga memberikan informasi mengenai diskon game steam yang lebih detail.

Beli Game Steam Saat Diskon2

2. Mengkustomisasi Dan Melihat Profile Steam Sendiri

Profile Steam

Kustomisasi Profile Steam menjadi suatu keharusan karena disini anda bisa mengatur berbagai hal seperti achievement yang telah didapatkan, kustom box info mengenai spesifikasi pc yang dipakai dalam bermain game, jumlah game yang dimiliki, game favorit, screenshoot dari game yang dimainkan, sampai review game dan badge yang telah di crafting.

Profile bisa diatur menjadi publik, pribadi atau dapat dilihat hanya oleh teman yang diterima. anda dapat bergabung dengan grup komunitas, melihat profil orang lain, dan melacak pencapaian dari game yang dimainkan.

Selain itu, profile yang akan dilihat pertama kali saat akan menambahkan teman atau ingin mengetahui lebih jauh profile orang lain.

3. Mengisi Topup Steam Wallet

Mengisi Topup Steam Wallet

Steam Wallet merupakan cara paling mudah untuk menambah saldo digital Steam, harganya pun bervariasi mulai dari mata uang rupiah sampai dolar, wallet ini nantinya bisa digunakan dalam pembelian game, item, dan aplikasi yang ada di Steam.

Saya biasanya membeli Steam Wallet di website e-commerce yang harganya bervariatif, dari termurah sekitar 13 ribu rupiah untuk saldo 12 ribu, apabila anda membeli steam wallet dalam bentuk mata uang dolar amerika, euro, dolar hongkong, atau dolar singapura maka akan terlebih dulu di konversi ke mata uang rupiah.

Cara mengisi wallet bisa melalui website Steam atau client dengan memasukkan 15 digit kode.

4. Mengkoleksi Badge Dengan Kartu Trading Card

Kartu Trading Card

Kartu trading card bisa didapatkan dengan cara memainkan game tertentu, setelah terkumpul anda bisa menjualnya ke market atau meng-craftnya menjadi Badge atau lencana yang akan meningkatkan level steam, kartu tersebut juga bisa anda beli dari pengguna lainnya dari market.

5. Membeli Game Steam Di Website Dan Penjual Terpercaya

Membeli Game Steam Di Penjual Terpercaya

Memilih penjual game terpercaya memang gampang-gampang susah namun menjadi suatu keharusan daripada anda menyesal, pilihlah penjual yang terpercaya misalnya dapat dilihat dari rekam jejak penjual yang sama sekali tidak pernah ada masalah dengan pembelinya, banyaknya testimonial positif dari pembeli, dan terdapat sedikit atau tidak ada komplain.

Jangan sampai terjadi setelah anda membeli game di penjual game tersebut, game yang dibeli malah di revoke dari librari anda karena penjual menggunakan dana atau didapat dengan cara ilegal dan juga akan meningkatkan resiko akun Steam terkena banned.

Game hasil revoke tidak dapat di refund yang tentunya dapat merugikan anda sebagai pembeli, kecuali penjual bersedia bertanggung jawab untuk mengganti-nya dengan yang baru.

6. Membangun Daftar Wish List Game

Membangun Daftar Wish List Game

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih wist list dari game favorit anda, anda akan diberitau melalui email jika ada diskon dari game yang ada pada daftar wish list yang terdaftar di Steam. Game yang ada pada daftar Wish List dapat dilihat publik secara default.

7. Melihat Game Populer Yang Sedang Dimainkan Pengguna Steam

Game Populer Steam

Apa saja game populer favorit para gamer yang saat ini sedang dimainkan, anda bisa melihat daftar tersebut di website SteamDB atau Steam Database, yang dikhususkan bagi gamer yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Steam.

Saat artikel ini dipublikasikan game yang paling sering dimainkan oleh gamer di Steam yaitu DOTA 2, disusul dengan game Counter-Strike: Global Offensive, PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS atau PUBG, Destiny 2, dan Team Fortress 2.

8. Menghitung Nilai Akun Steam

Menghitung Nilai Akun Steam

Ingin mengetahui berapa nilai akun steam yang anda miliki saat ini, estimasi nilai tersebut dapat diketahui dengan mengunjungi website yang masih sama yaitu SteamDB, dapat diakses melalui halaman steamdb.info/calculator.

Disana anda dapat mengetahui rincian akun seperti jumlah game yang telah dimainkan, level Steam saat ini dan jumlah experience level yang didapat, rincian rentang data harga game, dan banned akun.

9. Melihat Kapan Event Diskon Game Selanjutnya Di Steam

Event Diskon Game Steam

Di Steam terdapat beberapa event yang memang dikhususkan untuk diskon game secara besar-besaran seperti Chinnesse Year atau Imlek, musim dingin atau Winter Sale, Steam Halloween Sale, Steam Summer Sale atau musim panas, dan Steam New Year atau tahun baru.

Anda dapat mengetahui kapan berlangsungnya tanggal event tersebut melalui website When Is The Next Steam Sale, sehingga bisa mempersiapkan uang anda untuk membeli game favorit saat sedang diskon.

10. Membuat Signature Profile Steam

Signature Profile Steam

Ingin membuat signature profile steam untuk dibagikan atau dipamerkan kepada teman-teman anda, bisa dilakukan melalui website Steam Signature, pada signature tersebut akan berisi nama akun, level steam, achievement yang diperoleh, jumlah game, dan game yang terakhir yang dimainkan, hasilnya nanti seperti gambar diatas.

11. Mengetahui Lisensi Dan Riwayat Tanggal Pembelian Game

Lisensi Game

Setiap pembelian game di steam akan di simpan ke dalam menu daftar riwayat pembelian, dan juga berfungsi sebagai daftar lisensi game yang telah anda miliki, game dapat dibeli dari steam store langsung atau website jual beli game steam populer seperti Humble Bundle, Fanatical, HRK Game, Kinguin, atau Green Man Gaming.

Anda dapat mengetahui lisensi game dari halaman store.steampowered.com/account/licenses

12. Mengelola Librari Game Steam

Librari Game Steam

Librari game Steam akan terus bertambah jumlahnya seiring anda membeli game, namun tidak semua game tersebut dimainkan karena keterbatasan waktu. Anda bisa mengatur librari dengan mengelompokkannya berdasarkan kategori atau favorit, sehingga dapat dengan mudah ditemukan dan dimainkan.

13. Mengaktifkan Steam Guard

Mengaktifkan Steam Guard

Steam Guard merupakan keamanan tambahan yang dapat diterapkan pada akun Steam untuk mencegah orang lain mengambil alih akun jika terjadi peretasan. Tingkat keamanan pertama pada akun adalah login berupa nama pengguna dan kata sandi.

Dengan fitur Steam Guard, tingkat keamanan kedua akan diterapkan ke akun, sehingga lebih sulit bagi akun Steam untuk diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Saat Steam Guard diaktifkan, pada saat login ke akun Steam dari perangkat yang tidak dikenali, maka anda harus memberikan hak kode akses untuk memverifikasi bahwa itu adalah akun anda.

Bergantung pada pengaturan Steam Guard, anda akan menerima email berupa kode khusus atau didapatkan dari aplikasi Steam Mobile pada ponsel pintar yang harus dimasukkan saat login. Steam Guard bisa diaktifkan baik lewat email atau ponsel pintar.

14. Banned Profile Dan Akun

Banned Profile Dan Akun

Banned bisa terjadi pada akun yang menggunakan kode curang dan biasanya terdapat pada game online, Steam memiliki fitur Valve Anti Cheat (VAC) yang dapat mengidentifikasi gamer menggunakan kode atau aplikasi curang dan tidak dapat mentolerir atas penggunaan kode curang tersebut.

Tidak hanya penggunaan kode curang saja yang bisa menyebabkan akun steam di banned bahkan sampai permanen seperti penggunaan proxy dan vpn ilegal, akses tidak sah saat login, meretas akun steam pengguna lainnya, jual beli akun steam, menerima gift game atau item dari scammer, trading item yang sifatnya scam atau penipuan juga bisa menyebabkan akun dibanned.

Untuk menghindari akun jangan sampai terkena banned, sebaiknya anda tidak menggunakan aplikasi/cheat ilegal dalam bermain game dan selalu mengikuti aturan yang berlaku di Steam.

15. Refund Game Yang Dibeli

Refund Game

Tidak puas dengan game yang dibeli, Steam menawarkan proses pengembalian dana atau refund kepada gamer dengan persyaratan tertentu. Syarat refund game di steam adalah game yang telah dibeli tidak lebih dari 14 hari atau 2 minggu dari tanggal pembelian, syarat lain adalah game tidak boleh dimainkan lebih dari 2 jam.

Apabila proses refund disetujui, anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email dan refund akan dikembalikan berupa Steam Wallet atau jika membeli game dengan kartu kredit dana akan dikembalikan ke kartu tersebut.

Itulah daftar yang harus diketahui dalam menggunakan Steam baik anda yang sudah lama terlebih lagi bagi yang baru mengetahui-nya. Semoga bermanfaat.

Tanda Tangan Antusias Teknologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.